Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan di Indonesia

3 min read

Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan

Blog Edukasi PAUD – Manfaat internet mampu membuat orang-orang untuk saling terhubung mendapatkan informasi dan menghibur diri. Setiap tempat di segala penjuru belahan bumi, bisa tersambung dan saling terhubung dengan Internet. Lalu, seberapa penting manfaat internet bagi dunia pendidikan, khususnya dunia pendidikan di Indonesia?

Dengan berbagai manfaat internet, salah satu manfaatnya adalah membantu kalangan pendidik seperti guru dan dosen seperti saya. Faktanya, pengguna internet mulai meningkat pesat, saat masa Pandemi Covid-19 mulai melanda di awal tahun 2020 hingga Januari 2022.

Jumlah Pengguna Internet di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak di dunia. Melansir data statistik dari Katadata, per Januari 2022 pengguna internet di Tanah Air mencapai 204,7 juta.

Jumlah Pengguna Internet di Indonesia | Katadata.co.id

Namun, pada Januari 2021 jumlah pengguna internet di Indonesia tercatat lebih dari 202,6 juta. Pengguna internet di Indonesia terus meningkat selama lima tahun terakhir.

Jika dibandingkan pengguna internet tahun 2018, jumlah pengguna internet nasional meningkat 54,25% dalam empat tahun terakhir. Kesimpulannya, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan dari Kacamata Seorang Dosen

Saya aktif sebagai dosen pendidikan anak usia dini di perguruan tinggi negeri dan swasta. Secara pribadi, sangat merasakan manfaat tak terbatasnya internet Indonesia yang luar biasa.

Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dan sangat terbantu dengan adanya layanan internet yang cepat IndiHome dari Telkom Indonesia.

manfaat internet bagi dunia pendidikan  perguruan tinggi
Sesi Perkuliahan Secara Daring via Zoom Meetings | Dokumen Pribadi

Dimana saat pandemi covid-19, proses perkuliahan tetap berjalan. Saya tetap bisa terhubung dan bertatap muka dengan para mahasiswi. Meskipun hanya lewat aplikasi seperti Zoom Meetings, Google Meet, Google Classroom, ataupun Cloud X.

Walaupun saya menghadiri sesi perkuliahan hanya dari ruangan 3 x 4 meter persegi. Namun setiap sesi perkuliahan, saya tetap merasa nyata seperti di dalam kelas.

Karena berkat layanan internet dari IndiHome yang cepat. Saya benar-benar bisa berinteraksi langsung, hingga keaktifan diskusi antara dosen dan mahasiswi di sebuah kelas terealisasikan dengan baik. 

manfaat internet bagi dunia pendidikan  perguruan tinggi swasta
Sesi Presentasi Laporan Observasi Lapangan Mahasiswi | Dokumen Pribadi

Harapan Saya Kepada Telkom Indonesia

Meskipun demikian, pengalaman saya akan manfaat internet selama menjadi pengajar di salah satu Universitas Swasta di Provinsi Papua Barat. Terkadang proses pembelajaran itu sendiri tidak selalu berjalan mulus, terutama masalah koneksi internet yang lambat menjadi kendala utamanya.

Dengan kata lain, karena akses jaringan di wilayah Indonesia Timur yang masih kurang memadai. Para mahasiswi saya terkendala mengikuti kelas perkuliahan daring, sehingga beberapa mahasiswa tidak bisa mengikuti perkuliahan yang sedang berlangsung.

Bahkan ada satu waktu, saat mereka sedang serius mengikuti proses belajar. Sesekali koneksi internet mereka terputus, dan harus melakukan koneksi ulang (reconnect). Agar bisa segera bergabung kembali mengikuti proses belajar yang masih berlangsung.

Ilustrasi koneksi internet yang lambat | Pexels.com

Melalui tulisan ini, saya ingin menyampaikan sebuah harapan. Semoga Pemerintah melalui Kementerian dan BUMN-nya Telkom Indonesia, dengan layanan IndiHome yang merupakan pionir Internetnya Indonesia hingga sekarang.

Benar-benar serius dan berkomitmen. Untuk bisa mendorong percepatan digitalisasi di Indonesia, dengan pemerataan di seluruh wilayah termasuk wilayah 3T (batas luar) wilayah Indonesia.

Khususnya wilayah Indonesia Timur yang saya rasakan sendiri. Ketika manfaat internet bagi dunia pendidikan, masih belum bisa banyak dirasakan oleh mahasiswi-mahasiswi saya di Indonesia Timur.

Mengingat motivasi belajar mereka sangatlah tinggi, akan tetapi terkendala dalam pengaksesan internet di daerah-daerah pedalaman.

Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan di Indonesia

Karena di era digital ini, manfaat internet sangat-sangat membantu masyarakat untuk mengakses berbagai informasi. Baik untuk akses informasi keperluan bisnis, kesehatan, atau hiburan, dan terutama pendidikan. Demi mendukung program #UntukIndonesiaLebihBaik seperti yang dikampanyekan oleh pihak Telkom Indonesia.

Selain berprofesi sebagai seorang dosen Pendidikan Anak Usia Dini. Sudah lebih kurang sudah enam bulanan, saya menjadi seorang blogger yang memberikan edukasi seputar pendidikan anak usia dini. 

manfaat internet bagi dunia pendidikan menuju Indonesia emas Tahun 2045
Menuju Indonesia Emas 2045 | Ilustrasi dari IndonesiaBaik.id

Melalui Blog Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini ini, saya ingin berkontribusi dalam mendukung program Indonesia Emas 2045 dari Pemerintah.

Mendukung Program Indonesia Emas pada 2045

Demi melahirkan generasi muda yang unggul dan berdaya saing. Karena saya yakin, generasi yang unggul dan berdaya saing. Pastilah dimulai dari satu pendidikan anak usia dini yang terpola dan sistematis.

Melansir dari laman Kompas.com, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim menyebutkan menurut DAPODIK 2021. Masih terdapat sekitar 19.000 desa yang belum mempunyai Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Padahal, usia PAUD merupakan usia emas perkembangan seorang anak. 

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim | (Kompas.comRahel Hendra)

Atas dasar semangat itulah, saya memutuskan mulai membagikan pengetahuan dan pengalaman saya di dunia pendidikan anak usia dini.

dan Melalui Blog Edukasi PAUD ini, saya ingin memaksimalkan manfaat internet bagi dunia pendidikan Indonesia. Untuk mengedukasi, dan menjabarkan perihal yang harus dilakukan para orang tua atau tenaga pendidik anak usia dini. 

Walaupun Indonesia masih harus banyak belajar dari negara tetangga kita Australia. Sebagai salah satu negara terbaik untuk membesarkan anak. Mengutip sebuah temuan dari KataData, berdasarkan sebuah riset yang dilakukan CEOWorld. Negara terbaik sebagai tempat untuk membesarkan anak adalah Swedia.

10 Negara Terbaik untuk Membesarkan Anak | Katadata.co.id

Penilaian diperoleh CEOWorld dari data kondisi kehidupan di 159 negara. Swedia sendiri, dinilai yang terbaik. Karena memiliki standar keamanan untuk anak tertinggi, dengan infrastruktur dan sistem pendidikan terbaik.

Hal ini membuktikan bahwa dukungan sarana dan prasarana, termasuk literasi yang bersumber dari internet merupakan kunci kesuksesan suatu pendidikan di sebuah negara.

Sedangkan Indonesia mendapat skor 85,17 dari 100 dan menempati peringkat ke-62 secara global. Hal ini tidak bisa dipungkiri, karena masih banyak kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki. Indonesia harus segera berbenah dan berinovasi, agar sistem pendidikannya menjadi lebih baik di masa mendatang.

Kesimpulan dan Penutup

Dengan adanya manfaat tak terbatasnya internet Indonesia dari IndiHome yang semakin baik. Saya pribadi sebagai seorang dosen dan praktisi Pendidikan Anak Usia Dini, merasakan banyaknya manfaat internet bagi dunia pendidikan.

Melalui konsistensi pemberian edukasi tentang penting pendidikan anak, saya sangat optimis bahwa Indonesia Emas Tahun 2045 pasti terjadi. Jika semua pihak mendukung penuh sistem pendidikan, khususnya pendidikan anak di Indonesia

Akhir kata, di usia Telkom Indonesia yang kini menginjak 57 tahun yang sejatinya telah menjadi pelopor Internetnya Indonesia dengan seluruh pencapaian yang sudah diraih hingga sekarang.

Agar terus berinovasi, serta menjadikan IndiHome sebagai provider terbaik Internetnya Indonesia, yang terus meningkatkan infrastruktur khususnya di wilayah Indonesia Timur.

Dengan membuat langkah besar dalam meningkatkan infrastruktur, sehingga memudahkan seluruh rakyat untuk mengakses dan menikmati manfaat internet dari rumah.

Maaf, fitur klik kanan tidak tersedia!