Anggria Novita, M.Pd Seorang alumni FITK PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, juga aktif sebagai dosen dan Penulis Pendidikan Anak Usia Dini.

Cara Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini

2 min read

Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini

AnggriaNovita.com – Para orang tua akan menjadi guru pertama dan terpenting bagi seorang anak. Meskipun itu tergantung juga pada bagaimana cara stimulasi kemampuan bahasa anak usia dini (3 sampai 4 Tahun) yang akan Anda lakukan.

Advertisements
Shopee Indonesia - Belanja Semua Kebutuhanmu Bisa Bayar di Tempat

Berbicara dan memahami orang lain. Serta mengetahui yang dilakukan adalah satu keterampilan penting seorang anak. Mampu berkomunikasi akan membantu anak-anak berteman, belajar dan menikmati hidup sepenuhnya. Pada usia 3 hingga 4 tahun, anak seharusnya sudah mendapatkan stimulasi perkembangan bahasa anak dari orang tua seperti :

Rangsang Pemahaman dan Kemampuan Bahasa Anak

Mampu melakukan negosiasi sederhana dengan anak-anak lain. Misalnya, dia akan dapat berbicara tentang siapa yang bisa bermain dengan mainan terlebih dahulu. Berbicara dalam kalimat yang terdiri dari 4 kata atau lebih. Orang-orang di luar keluarga dapat memahaminya.

Baca Juga : Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Mengetahui kata-kata tindakan dan memahami konsep ukuran seperti : besar dan kecil. dan konsep lokasi seperti : di, di bawah, di belakang. Tahu benda apa yang digunakan, misalnya apa yang akan dilakukan dengan cangkir?

Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak dengan Percakapan Ringan

Pada usia sekitar empat tahun, dapat menjelaskan mengapa ia menginginkan sebuah benda dari anak lain. Misalnya: ‘Bolehkah saya meminta pensil hijau?

Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak Usia Dinii
Foto Ilustrasi oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

.Saya ingin mewarnai rumput’. Bicara tentang kegiatan (apa yang dilakukan di sekolah hari itu) dengan mudah dan lancar.

Pahami dan jawab pertanyaan sederhana tentang siapa, apa, dan di mana. Tanyakan pertanyaan dengan jawab ya atau tidak, misalnya apakah dia tinggi?

Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak dengan Bermain

Pada masa usia Golden Age ini, anak-anak akan mulai menggunakan bahasa dalam bermain peran. Misalnya, dia bisa berpura-pura menjadi ‘ibu’ dan meniru nada dan kata-kata ibunya. Mengerti jalan cerita yang telah dibacakan oleh orang tua.

Apa yang Harus Dilakukan Orang tua untuk Merangsang Kemampuan Bahasa Anak?

Mengurutkan gambar dan item ke dalam kategori

Tantang anak Anda dengan memintanya untuk menunjukkan item yang tidak termasuk dalam kategori. Misalnya, seorang bayi tidak cocok dengan anjing, kucing, dan tikus.

Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak dengan Bermain
Foto oleh Artem Podrez dari Pexels

Beri tahu anak Anda bahwa Anda setuju dengan jawabannya karena bayi bukan binatang.

Perkaya kosakata dan panjang kalimat anak

Perbanyak kosakata dan panjang kalimat anak Anda dengan membaca, bernyanyi, berbicara tentang apa yang Anda lakukan, ke mana Anda akan pergi, dan mengucapkan sajak.

Baca buku dongeng dengan plot sederhana

Berbicara dan berdiskusi tentang jalan cerita buku tersebut. Bantu anak Anda untuk menceritakan kembali kisah tersebut atau memerankannya dengan alat peraga dan pakaian berdandan.

Foto Ilustrasi dari iStock

Katakan padanya bagian favorit Anda dan mintalah bagian favoritnya.

Melihat album foto keluarga

Lihatlah foto-foto keluarga dan mintalah anak Anda menjelaskan apa yang terjadi dengan masing-masing foto. Sebelum anda menjelaskan histori dari foto-foto tersebut secara lengkap.

Latih pemahaman terhadap sesuatu

Latihlah keterampilan pemahaman si anak, dengan mengajukan pertanyaan kepada anak Anda tentang apa yang telah dibaca. Minta dia mencoba membodohi Anda dengan pertanyaannya sendiri.

Latihan bercerita

Ajak ia bercerita mengenai sesuatu, anda bisa memulainya dengan membicarakan tentang apa yang Anda lakukan selama aktivitas sehari-hari, seperti memasak (saya memotong sayuran).

Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak
Foto Ilustrasi dari iStock

Lalu minta ia menceritakan apa yang telah ia lakukan selama anda di dapur.

Penutup

Anak-anak berbeda dalam cara mereka mengembangkan keterampilan berbicara dan bahasa. Namun, mereka mengikuti perkembangan alami untuk menguasai keterampilan bahasa. Namun sering muncul masalah tentang bagaimana cara stimulasi kemampuan bahasa anak usia 3-4 tahun.

Saat anak Anda di masa prasekolah, dia akan mampu melakukan percakapan lebih lama dan lebih kompleks tentang berbagai hal. Stimulasi perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun juga mencakup kosa kata dan pemahaman tata bahasa yang lebih kompleks.

Advertisements
Shopee Indonesia
Anggria Novita, M.Pd
Anggria Novita, M.Pd Seorang alumni FITK PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, juga aktif sebagai dosen dan Penulis Pendidikan Anak Usia Dini.

2 Replies to “Cara Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini”

  1. Setuju banget, melakukan hal-hal diatas penting banget tuh untuk anak bisa berbicara dengan lancar.Urutannya juga udah pas banget dari yang termudah sampai dengan yang mungkin cukup sulit. Tapi kalau dilakukan rutin,akhirnya bisa jadi orang yang hebat kalau pinter ngomong gitu 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Maaf, fitur klik kanan tidak tersedia!